Anda ingin membeli sofa minimalis untuk ditempatkan di sebuah ruangan ? Sebelum membeli pastikan anda memilih bahan yang awet dan juga bagus.Memang tidak mudah menentukan jenis sofa yang tepat, apalagi jika anda dihadapkan oleh beragam pilihan.Maka tidak heran jika anda membeli sofa hanya terpacu pada modelnya saja ketimbang mengetahui bahan yang digunakan.

Bahan sofa yang digunakan dapat menentukan tingkat kenyamanan dan kualitas sofa itu sendiri,jadi ada baiknya anda juga mengetahui tentang bahan – bahan sofa.Supaya anda tidak salah memilih,yuk simak pembahasan mengenai bahan sofa yang sering digunakan !

1. Bahan Katun 

Bahan sofa pertama yang sering digunakan adalah katun,katun biasanya memiliki tekstur yang lebih halus dan lembut, jadi tidak heran kalau katun ini menjadi favorit banyak orang.Namun ada beberapa kekurangan dari katun yang perlu diperhatikan,diantanya sofa yang menggunakan katun jika terkena air akan sulit untuk dibersihkan dan kerapatan jahitan pada sofa juga mudah longgar jika sering diduduki.

Biasanya sofa katun akan dikombinasikan dengan lainnya supaya bisa memberikan kenyamanan yang maksimal dan lebih tahan lama.

2. Kulit

Untuk anda yang memiliki anak yang masih kecil dan sangat aktif dalam bermain,jenis sofa dengan bahan kulit merupakan pilihan yang tepat untuk anda.Alasannya karena pertama bahan kulit itu sangat mudah untuk dibersihkan terutama jika terkena kotoran dan tumpahan makanan,selain mudah dibersihkan kulit juga awet karena perawatannya yang cukup mudah. 

Namun ada beberapa pengguna sofa kulit yang mengeluh karena soa ini terasa panas jika diduduki terlalu lama karena tidak ada sirkulsdi udara yang masuk kedalam pori-pori sofa.

3. Sofa Linen

Sofa bahan Linen juga menjadi pilihan yang banyak diminati orang,karena selain awet sofa jenis ini juga mempunyai berbagai variasi warna.Tentunya bisa memudahkan anda saat mencocokan warna dengan tema pada ruangan.Tapi bahan jenis ini juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya cepat kotor dan mudah kusut.Karena itu Linen direkomendasikan untuk anda yang tidak memiliki anak kecil atau hewan peliharaan dirumah.

4. Polyester

Polyester merupakan salah satu bahan yang berbentuk plastik dipintal dengan kain sehingga memiliki serat yang dapat mempertahankan bentuknya.Bahan sofa polyester ternyata sangat mudah untuk didaur ulang, dan juga ramah terkadap lingkungan,bahan ini cocok untuk anda yang pecinta lingkungan.

Selain itu polyester juga mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap noda , walaupun minya sangat mudah meresap kedalam kain, ada dapat membersihkannya dengan mudah tanpa perlu ribet.

5. Velvet

Bahaan velvet atau juga beludru bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat, terutama jika anda ingin memberikan kesan yang mewah pada ruangan.Bahan velvet tidak mudah tergores selain itu serat juga tidak mudah terurai.Warna velvet juga terlihat cerah dan terkesan bold.Hal inilah yang dapat menonjolkan kemewahaan dari hunian anda.Namun bahan ini juga mempunyai kekurangan diantaranya velvet rentan terhadap pancaran sinar matahari dan mudah menyerap tumpahan air.Namun anda juga harus waspada terhadap hewan peliharaan karena bulu pada hewan sulit untuk dibersihkan.

6. Sofa Wol 

Sofa berbahan wol jarang sekali ditemukan padahal wol bisa memberikan kesan yang natural dan sangat nyaman.Penggunaan wol pada sofa juga bisa memberikan ketahanan yang kuat.Selain itu bahan ini juga mempunyai variasi warna yang beragam sehingga sangat mudah untuk dicocokan dengan tema pada ruangan.Wol juga tidak membawa muatan listrik statis sehingga kemungkinan kecil debu dan rambut bisa menempel pada sofa.

Slin itu, bahan ini juga mempunyai variasi warna yang beragam sehingga dapat lebih mudah untuk mencocokannya dengan tema diruangan anda.Kekurangan dari bahan wol jangan sampai lembab agar bentuknya tidak berubah.